Minggu, 05 Juli 2015

Anjing Ras 2

Jika kita ingin berbicara tentang anjing atau ingin mengenalnya lebih jauh, maka ada baiknya anda mengetahui hal berikut ini, yaitu tentang pengelompokan anjing atau penggolongan anjing, baru selanjutnya anda dapat mengenal jenis (ras) anjing…


Jenis atau ras anjing yang ada sekarang ini sangatlah banyak jenisnya, oleh sebab itu Federasi Kinologi Internasional (FCI) yang berkantor pusat di Brussel Jerman, menetapkan penggolongan anjing dilihat dari sifat, fisik, penampilan, serta kegunaannya bagi kehidupan manusia.

Anjing Ras 2


Dari pakar anjing yang lain juga memiliki cara yang berbeda dalam penggolongan anjing ini, sehingga perdebatan tentang pengelompokan anjing ini menjadi ramai, dan pada abad pertengahan para pakar pernah melakukan penggolongan anjing ini menjadi 4 tipe anjing :
wolf
mastif
hound
greyhound
Namun dari segala perdebatan yang terjadi, hingga saat ini sistem penggelompokan/penggolongan tipe anjing inggris yang paling banyak dikenal orang dan di gunakan sebagai panduan.

Pengelompokan anjing menurut system ini adalah terrier, hound, gundog, working, utility dan toy.

Berikut penjelasan dari tipe-tipe anjing tersebut…

Anjing tipe Gundog
Anjing dengan tipe ini sangatlah kuat dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat pula, jenis ini juga adalah jenis yang paling banyak dipakai untuk berburu atau dijadikan anjing pemburu.

Contoh beberapa jenis anjing yang masuk ke tipe Gundog adalah Jenis anjing Cocker Spaniel, Weimaraner, Golden retriever, Pointer, American Cocker Spaniel, Labrador Retriever, dll…

Anjing tipe Utility
Tipe anjing ini adalah tipe anjing yang sangat patuj pada pemiliknya atau tuan nya, tipe ini juga sering dibiakkan oleh pemiliknya untuk berbagai macam penggunannnya.

Contoh beberapa jenis anjing yang masuk ke tipe Utility adalah Shih Tzu, Dalmatian, Bulldog, French Bulldog, Chow-chow, Boston terrier, dll…

Anjing tipe Toy
Tipe anjing ini adalah tipe anjing yang memiliki tingkah laku yang lebih energik serta lucu… anjing bertipe ini sangat disukai oleh anak-anak karena sangat mudah untuk bersahabat dengan manusia.

Contoh beberapa jenis anjing yang masuk ke tipe Toy adalah Miniature pinscher, Pomeranian, Pekingese, Chihuahua, dll…

Anjing tipe Working
Anjing dengan tipe ini mempunyai bentuk fisik yang cenderung lebih besar dibandingkan dengan tipe anjing yang lain serta memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh tipe anjing lainnya seperti memiliki indra penciuman dan penglihatan yang tajam serta memiliki stamina dan kecepatan berlari yang bagus. Tipe inilah yang sangat cocok untuk dijadikan anjing penjaga, karena tipe ini juga sangat setia pada pemiliknya walaupun tergolong anjing ganas. Ada beberapa jenis Anjing dari tipe ini yang sering dijuluki anjing pintar atau anjing cerdas.

Contoh beberapa jenis anjing yang masuk ke tipe Working adalah Boxer, Siberian Husky, Rottweiler, Mastiff, Dobermann,
St Bernard, German Sheperd, Great Dane, dll

Anjing tipe Hound
Tipe anjing ini memiliki kelebihan yang hampir sama dengan tipe working hanya saja ukuran tubuhnya relatif sedang serta memiliki bulu yang pendek

Contoh beberapa jenis anjing yang masuk ke tipe Hound adalah Jenis Beagle, Greyhpound, Basenji, Saluki, Basset, Dachsund, Miniature, Hound dll…

Anjing tipe Terrier
Bentuk fisik dari anjing tipe ini kebanyakan ramping dengan bentuk kepala lonjong dan persegi empat, anjing tipe ini memiliki kebiasaan menggali tanah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan anjing pemburu binanang kecil.

Pada umumnya jenis-jenis anjing bertipe terrier, juga diberikan nama tipenya dibelakang, seperti Bull terier.
, , , , ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar