Selasa, 16 Juni 2015

Serba serbi memelihara Anjing

Anjing adalah mamalia yang telah mengalami domestikasi dari serigala sejak 15.000 tahun yang lalu atau mungkin sudah sejak 100.000 tahun yang lalu berdasarkan bukti genetik berupa penemuan fosil dan tes DNA Penelitian lain mengungkap sejarah domestikasi anjing yang belum begitu lama.

Anjing merupakan hewan peliharaan yang biasa disebut sebagai sahabat terbaik manusia. Banyak orang yang memilih untuk memelihara anjing dari pada memelihara hewan peliharaan yang lainnya. Manfaat dari pemeliharaan anjing tergantung dari kebutuhan. Terdapat bebrbagai jenis anjing, hal tersebut tergantung dari pemilihan kebutuhannya. Ada anjing tipe pekerja, anjing tipe pemburu, tipe rumahan dsb.

Tipe Anjing:
Berikut beberapa jenis anjing:
  1. Terrier Class, anjing tipe ini memiliki tubuh yang relative kecil, namun anjing ini juga memiliki naluri berburu yang cukup tinggi,
  2. Sporting Class, anjing tipe ini dikembang biakkan untuk keperluan olah raga ataupun aktivitas lapangan lainnya, perlu dilakukan latihan yang rutin agar anjing tipe ini dapat tampil dengan baik,
  3. Herding Class, anjing tipe ini memiliki kemampuan untuk mengatur gerakan hewan-hewan lain, oleh karena itu anjing tipe ini sangat cocok bila difungsikan sebagai anjing gembala,
  4. Hound Class, anjing kelompok Hound Class merupakan tipe anjing pemburu yang sangat handal, aning tipe ini tidak ganas walaupun memiliki naluri berburu yang tinggi,
  5. Toy Class,tipe anjing toy class merupakan tipe anjing rumahan yang baik, hal ini di karenakan anjing tipe Toy Class memiliki tubuh yang mungil dan perawatan yang relative mudah
  6. Working Class, Ini merupakan anjing tipe pekerja, mereka banyak membantu pekerjaan manusia seperti menarik kereta, melacak narkoba, bahan peledak dan lain sebgaianya,
 Nah,,,
anda boleh menentukan tipe anjing mana yang akan menjadi peliharaan anda..
jangan lupa pilih tipe anjing dengan kebutuhan Anda..

Peralatan:
Dalam memelihara anjing diperlukan peralatan khusus yang dapat membuata hewan peliharaan anda tersebut merasa nyaman. Peralatan-peralatan yang diperlukan dalam memelihara anjing antara lain:
  1. Kamar Tidur
    Anjing dapat tidur dimana saja, yang terpenting adalah alas tidur yang bersih dan nyaman bagi si anjing, untuk anjing yang belum berusia 12 bulan siapkan siapkanlah tempat tidur yang dapat dipindahkan dan mudah diganti karena pada usia tersebut ukuran anjing masih bisa bertambah. Setelah berusia >12 bulan maka dapat disiapkan tempat tidur yang permanen karena pada usia tersebut anjing sudah tidak dalam masa pertumbuhan.
  2. Kandang Khusus
    Kandang yang dipersiapkan untuk anjing Anda buatlah senyaman mungkin untuk anjing, jangan kunci kandang anjing Anda karena anjing akan merasa lebih nyaman dalam keadaan kandang yang tidak terkunci dan jangan pernah memaksakan anjing anda untuk masauk ke kandang, pancinglah dengan menggunakan makanan atau mainan favorit anjing agar anjing tidak merasa stress di dalam kandang.
  3. Tanda Pengenal
    Apabila Anda sebagai manusia memiliki tanda pengenal, begitu pula anjing. Tanda pengenal dapat berupa kalung ataupun tato. Tanda pengenal ini diperlukan apabila terjadi kehilangan pada anjing anda, maka dari itu sertailah nama anjing, alamat, dan nomor telephoen anda dalamtanda pengenal tersebut.
  4. Tempat Makan dan Minum
    Tempat makan untuk anjing Anda hendaklah wadah yang cukup besar paling tidak lebih besar dari moncong anjing Anda, sehingga anjing dapat dengan mudah melahap makanannya. Gunakanlah wadah yang terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah dan tidak mudah karatan, hal ini dikarenakan anjing suka memainkan wadah makanannya ketika wadah tersebut kosong. Dan jangan lupa untuk membersihkannya setiap hari, oia satu lagi pisahkan antara tempat makan dan mnum anjing.
  5. Alat-alat Bermain
    Anjing merupakan hewan yang suka bermain-main, maka dari itu siapkan lah mainan untuk anjing Anda, jenis mainan yang palin disukai anjing adalah jenis mainan yang digigit. Selain itu jangan lupa untuk mengajak anjing Anda berjalan-jalan atau melaukkan aktifitas fisik lainnya agar anjing merasa senang dan tubuhnya menjadi sehat.
Makanan:
Anjing memerlukan nutrisi dan giszi yang cukup untuk melakukan aktivitasnya, oleh karena itu anjing memerlukan makanan khusus yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang pas untuk hewan ini. Beberapa makanan anjing dapat kita temukan di toko-toko khusus makanan anjing atau petshop.

Menurut para pakar hendaknya anjing dewasa di beri makan 2 kali sehari agar anjing tidak merasa lapar ataupun kekenyangan sehingga anjing akan merasa nyaman dalam melakukakn aktivitasnya. Hindari memberikan makanan yang biasa Anda makan sehari-hari karena hal ini dapat membuat anjing mengalami diare, selain itu hal ini dapat membuat anjing mengharapkan pemberian jatah makan ketika Anda makan.
Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan nafsu makan anjing turun:
  • Anjing tidak memiliki teman sehingga tidak memiliki saingan
  • Terlalu sering diberi camilan atau kudapan
  • Anjing terlalu di manja
  • Mengalami gangguan pencernaan
  • Kurang beraktivitas
Perawatan :
Untuk menjaga kesehatan anjing peliharaan Anda maka perlu dilakukan perawatan yang rutin agar anjing tetap sehat dan merasa  nyaman. Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam perawatan anjing adalah:
  1. Memandikan Anjing
    Minimal 1 kali dalam seminggu anjing perlu mandi untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya, gunakan air yang memiliki suhu tidak terlalu panas juga tidak terlalau dingin, kemudian segera keringkan badan anjing agar tidak kedinginan. Pada saat memandikan anjing dapat menggunakan sabun khusus namun awas, jangan sampai sampo mengenai mata anjing. Dan jangan lupa untuk melepas kalung tanda pengenal anjing pada saat memandikan anjing.
  2. Menyisir Rambut Anjing
    Agar rambut anjing tetap bersih dan rapi sisirlah rambut anjing dengan menggunakan sisir yang sesuai dengan bulu dan kulit anjing. Cara menyisirnya pun tergantung dari jenis rambut dan kulitnya, untuk itu Anda perlu berkonsultasi dengan pakar atau berkunjung ke salon anjing agar anjing bias mendapatkan perawatan penyisiran rambut yang tepat.
  3. Memotong Rambut Anjing
    Beberappa jenis anjing memiliki jenis rambut yang panjang dan keriting, agar rambut anjing anda tampak rapi, Anda dapat memotong rambut anjing tersebut. Memotong rambut anjing dapat dilakukkan sendiri ataupun dating ke salon anjing.
  4. Pijat
    Pijatan pada anjing berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan dapat mengindikasi adanya penyakit dan sebagainya. Pemijatan ini dapat dilakukan dengan cara mengelus tubuh anjing secara searah, kemudian lakukaknlah pijatan memutar pada bagian punggung, kedua sisinya, hingga bagian lengan. Hindari melakukan pijatan pada saat anjing mengallami cedera. Segera perikasakan ke dokter hewan apabila anjing mengalami cidera.
  5. Perawatan Kuku
    Untuk menjaga kesehatan anjing maka perlu perlu adanya perawatan secara rutin termasuk kuku anjing. Di dalam kuku anjing terdapat kotoran, bakteri, penyakit dan sebagainya akan sangat merugikan apabila tidak di potong dengan dan di bersihkan. Memotong kuku anjing dapat dilakukakn sendiri pada saat waktu senggang. Apabila terjadi pendarahan pada saat anda memotong kuku anjing maka siapkanlah yodium tinctuur, dan kapas. 
Perilaku:
Anjing dapat meyatakan persaannya dalam bahasa tubuh seperti kibasan ekor, tatapan mata, ekspresi wajah dan mulut, serta sikap tubuh secara keseluruhan. Selain perilaku tersebut perilaku anjing sangat di tentukan oleh lingkungan di sekitarnya, terdapat bebarapa perilaku yang biasa di tunjukkan oleh anjing:
  1. Murung
    Murung bisa diakibatkan karena anjing sedang stress, sedangkan stress bisa diakibatkan karena anjing mengalami perubahan habitat dan lingkungan di sekitarnya maka dari itu jangan mengubah apa yang sudah menjadi rutinitas si anjing karena hal demiikian dapat membuat anjing Anda menjadi stress.
  2. Menggonggong
    Menggonggong merupakan perilaku khusus yang sering ditunjukkan oleh anjing. Bisa dikatakan menggonggong merupakan cara komunikasi para anjing. Biasanya para anjing menggongong apabila terjadi sesuatu atau melihat orang asing, dan dengan cara menggonggong inilah kita biasanya bisa mengetahui apabila ada orang asing atau pencuri yang hendak masuk ke rumah kita.
  3. Menunjukkan kekuasaan tertentu
    Cara anjing menunjukkan kekuasaanya adalah dengan melakukan penyerangan. Penunjukkan kekuasaan oleh anjing tersebut bisa dilakukan terhadap hewan lain ataupun manusia. Bila terdapat anjing yang melakukakn hal ini maka biarkanlah anjing ini suatu tempat yang nyaman, santai, makan, dan istirahat serta bermainan tanpa ada yang mengganggu dengan demikian anjing tidak akan merasa terancam dan tidak melakukan penyerangan.
Penyakit:
Seperti makhluk hidup lainnya, anjing pun dapat terkena penyakit. Penyakit yang hinggap di tubuh anjing bisa merupakan penyakit yang sedrhana hingga penyakit yang memerlukan penanganan serius. Oleh karena itu pemerikasaan kesehatan secara rutin dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit dalam tubuh anjing. berikut beberapa penyakit yang biasa hinggap di tubuh anjing:
  1. Kutu
    Untuk menangani kutu yang hinggap pada anjing, Anda dapat menggunakan obat anti kutu yang banyak tersedia di pet shop
  2. Cacing
    Apbila anjing Anda terjangkit cacing maka segeralah periksakan ke dokter hewan dan berilah obat cacing secara rutin.
  3. Distemper
    Virus distemper cukup berbahaya bagi anjing, sebesar 80 % anak anjing mati disebabkan karena virus ini sedangkan anjing dewasa 50% terserang virus ini. Anjing yang belum divaksinasi sebagian besar terkena virus ini, biasanya anjing yang terkena virus ini berusia antara 3-8 bulan. Gejala dari penyakit ini antara lain paru-paru sesak, hidung mengeluarkan cairan, mata dipenuhi cairan kental, batuk-batuk serta berat badan menurun.
  4. Amandel
    Dapat diberikan antibiotic untuk anjing yang terjangkit amandel, namun untuk anjing yang sudah terjangkit cukup lama maka tidak akan cukup apabila hanya dengan menggunakan obat antibiotic. Untuk anjing yang sudah terjangkit amandel cukup lama maka harus dilakukan operasi, maka dari itu segera hubungi dokter hewan untuk mengatasi hal ini.
  5. Susah Buang Air Besar
    Penyakit ini disebabkan karena anjing kurang bergerak, banyak dikurung, dan makanan terlalu halus. Anjing yang mengidap gangguan ini sering berteriak-teriak dan jarang buang kotoran. Kalaupun bisa, kotorannya kering dan mengandung darah. Untuk mengatasinya kurangi makanan anjing yang banyak mengandung protein seperti ikan atau daging, lebih banyak berikan makanan yang mengandung serat dan sediakan air minum yang bersih dan cukup dan jangan lupa untuk mengajaknya jalan-jalan setiap hari.
  6. Mulut Bau
    Untuk mencegah mulut bau maka yang harus dilakukan adalah, berikan makanan yang keras pada anjing Anda, berikan mainan yang digigit dari bahan kulit mentah atau karet yang keras, dan yang terakhir sikat gigi anjing dengan pasta gigi khusus.
  7. Rabies
    Rabies merupakan penyakit yang berbahaya pada anjing. Anjing yang terjangkit rabies harus di musnahkan agar tidak membahayakan manusia, karena manusia bisa terjangkit rabies. Penyakit ini tidak bisa di sembuhkan. Untuk mencegah penyakit ini maka anjing harus diberi vaksinasi.
Perkembang biakan
Anjing yang sudah memasuki usia 8 bulan maka anjing ini sudah matang untuk malukan perkawinan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar